EDUCATION

Tim Penilai Lomba Desa Disambut Adat Pekasiwia

Sintuwuraya.com, Maliwuko – Desa Maliwuko, Kecamatan Lage, kemarin pagi menjadi pusat perhatian masyarakat Kabupaten Poso. Pasalnya, desa yang terletak di Jalan Poros Poso-Makassar itu mewakili Kabupaten Poso dalam lomba Desa Tingkat Provinsi Se-Sulawesi Tengah.

Dalam penilaian lomba desa yang digelar di Balai pertemuan Desa Maliwuko, Rabu, 17 Mei 2017, diawali dengan penjemputan masyarakat secara adat pekasiwia kepada rombongan tim penilai dari Provinsi Sulawesi Tengah.
Dalam sambutannya, Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu menegaskan, kegiatan Lomba Desa dan Kelurahan yang dilaksanakan setiap tahun,  dimaksudkan sebagai upaya peningkatan kompetensi dan motivasi dalam memberdayakan masyarakat melalui penguatan kelembagaan, penggalangan partisipasi masyarakat  secara gotong royong, terarah, terkoordinasi, terpadu dan berkelanjutan. “Paradigma pembangunan saat ini sudah seharusnya menitiberatkan pemberdayaan masyarakat yang pada hakekatnya merupakan upaya menumbuhkembangkan kemampuan dan kemandirian masyarakat, sebagai subyek pembangunan”, kata Darmin.
Sementara itu, tim penilai Provinsi yang diwakili oleh  Kepala Bidang Penataan dan Perkembangan Evaluasi Desa, Drs. Ahsan, M.Si, menyatakan,  Perlombaan Desa merupakan salah satu wujud pembinaan dan pengawasan penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan sebagaimana diamanatkan dalam undang-undang nomor 6 tahun 2005 tentang kelurahan. “Ini juga merupakan sebuah momentum yang tepat untuk mengevaluasi sejauhmana perubahan yang terjadi dalam masyarakat, sebagai dampak positif dari pelaksanaan pembangunan itu sendiri”, kata Ahsan, mengutip sambutan tertulis Gubernur Sulawesi Tengah.

Turut hadir dalam penilaian lomba desa, Asisten Pemerintahan dan Kesra Setdakab Poso, M. Ari Pamungkas, SH.MH, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Poso Ny Indah Sri Sotyawati Samsuri, SH, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Poso, Ir. Lusiana Sigilipu, M.Si, Unsur Tripika Kecamatan lage, Kades Maliwuko Simon Lapanggoyu, S.Sos, ketua BPD dan LPM desa maliwuko bersama anggota, tokoh agama, tokoh adat, tokoh pemuda, tokoh masyarakat, tokoh perempuan dan seluruh warga masyarakat desa maliwuko. (Darwis Waru)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close