NEWS

Mantapkan Keamanan dan Kerukunan, Warga Poso Pesisir Ronda Bergiliran

Sintuwuraya.com, Poso Pesisir – Menciptakan keamanan dan ketertiban masyarakat, beberapa Desa Kecamatan Poso pesisir menggelar pelaksanaan  ronda malam, pada proses ronda malam tersebut dilakukan dengan pembagian wilayah pos penjagaan sesuai wilayah RT di setiap desa.

Kepala Desa Pinedapa Rahman Pahoro mengungkapkan, sistem jaga malam tersebut dibagi per RT, setiap RT memiliki Pos Penjagaan. dalam menjaga lingkungan dilakukan dengan cara bergiliran sesuai jadwal yang telah ditetapkan, selain itu peronda berkeliling lingkungan sekitar. Selain berfungsi sebagai sistem keamanan lingkungan, ronda juga mempunyai nilai sosial, dan juga toleransi antara umat beragama.

Sebagai bukti bahwa para peronda telah melaksanakan tugasnya, para aparat kepolisian yang bertugas sebagai kapolmas dan Babinsa desa berkeliling kampung memantau keamanan dan juga masyarakat yang terjadwal sebagai petugas ronda.

Hal tersebut dilakukan untuk menjaga keamanan desa dari hal-hal yang tak diinginkan, semisal tindak pencurian hewan ternak maupun pencurian barang milik warga setempat, ataupun bentuk profokasi untuk memecahkan persatuan masyarakat.

“penjagaan malam ini sengaja dibentuk selain menciptakan keaman di desa juga menimbulkan toleransi antara umat beragama, karena dalam satu pos kita campur kiristiani dan Muslim,” ungkap Rahman Pahoro. Kepala desa Pinedapa. Ia juga menambahkan, selain beberapa warganya anggota polisi yang bertugas sebagai kapolmas dan Babinsa ikut terlibat dengan sesekali menemani warga melakukan ronda malam di gardu atau pos tersebut.

Sebelumnya, aksi provokasi sempat terjadi di desa Pinedapa dengan indikasi pembakaran gereja, namun kejadian tersebut ditanggapi dengan kepala dingin oleh warga sekitar. (Saripudin)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close