NEWSPHOTOGRAPHY

Jelang HUT Kemerdekaan, Jenderal Sudirman Kembali Ditandu di Pamona Puselemba

Sintuwuraya.com, Tentena – Menjelang perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke 72 tahun, pada tanggal 17 Agustus 2017 mendatang, berbagai cara peringatan mulai ramai dilakukan di negeri ini.

Dalam memperingati HUT Kemerdekaan RI, sebagai salah satu bentuk perayaan Hari Besar Nasional, kecamatan Pamona Puselemba, kabupaten Poso, Sulawesi Tengah, menggelar berbagai acara perlombaan yang dikemas dalam bentuk Pesta Rakyat.

[embedyt] https://www.youtube.com/watch?v=f6p4x0vyQ6w[/embedyt]
Kegiatan yang akan berlangsung hingga 20 Agustus mendatang, diikuti oleh seluruh sekolah dari lima desa dan tiga kelurahaan yang ada di kecamatan Pamona Puselemba.

Sebagai acara pembuka, ribuan peserta dari 56 kontingen mengikuti lomba karnaval yang digelar di lapangan Puselemba, kelurahan Sangele, Sabtu 29 Juli 2017. Tak hanya anak-anak sekolah, baik SD, SMP dan SMA, tetapi pemuda dan PNS juga berpartisipasi turut dalam 61 defile diacara pembukaan Pesta Rakyat kali ini.

Selain karnaval, kegiatan yang diperlombakan dalam acara Pesta Rakyat tersebut adalah lomba pengucapan pembukaan UUD 1945, olah raga, kesenian, atletik,  permainan rakyat, gerak jalan, senam, catur, K3 (kebersihan, ketertiban dan keamanan), serta lomba cipta rasa kuliner.

Berbagai kreatifitas dan semangat para pelajar ditunjukan dalam lomba karnaval. Salah satu yang menarik, SD Kristen GKST II Tentena, menampilkan seorang anak dalam tandu, yang diibaratkan sebagai Jenderal Besar Panglima Sudirman, ke hadapan Wabup Samsuri, tamu undangan, dan tim penilai. (Mitha)

Camat Pamona Puselemba, Gloria Tobondo, menyatakan pihaknya telah mempersiapkan pelaksanaan kegiatan tersebut sejak sebulan lalu. “Untuk lomba K3, diikuti oleh seluruh desa dan kelurahan yang ada di kecamatan Pamona Puselemba,” ujar Gloria Tobondo.

Kegiatan yang akan berlangsung selama sebulan itu, membutuhkan dana lebih dari 154 juta rupiah, yang diperoleh dari kontribusi desa dan kelurahan, sumbangan dari PNS, TNI dan Polri, kontribusi pemilik warung yang berjualan disekitar arena kegiatan, dan sumbangan pihak lainnya.

Wakil Bupati Poso, Samsuri, atas nama pemerintah daerah kabupaten Poso, mewakili Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu, membuka secara resmi kegiatan Pesta Rakyat tersebut, dengan ditandai pemencetan tombol sirene.

Dalam sambutan Bupati yang dibacakan Wabup Samsuri, Pemda Poso memberikan semangat sebagai motivasi bagi para peserta lomba. “Kalah dan menang dalam perlombaan adalah hal yang biasa. Karena yang terpenting dari kegiatan pesta rakyat ini adalah kebersamaan, rasa cinta tanah air, dan kokohnya ibu pertiwi,” ujar Wabup Samsuri.

Berbagai kreatifitas dan semangat para pelajar ditunjukan dalam lomba karnaval. Salah satu yang menarik, SD Kristen GKST II Tentena, menampilkan seorang anak dalam tandu, yang diibaratkan sebagai Jenderal Besar Panglima Sudirman, ke hadapan Wabup Samsuri, tamu undangan, dan tim penilai.

Turut hadir dalam acara pembukaan Pesta Rakyat tersebut, Kapolsek Pomona Utara Kompol Nuryantoro, Pasi Intel Kodim 1307/Poso Kapten Jayadi mewakili Dandim, Pasilog Batalyon 714/Sintuwu Maroso Lettu Martinus mewakili Danyon, dan beberapa pimpinan OPD Poso. (Mitha)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close