CENTRAL CELEBES

Usai Pimpin Upacara Kemerdekaan, Bupati Poso Terima Penghargaan MURI

Sintuwuraya.com, Poso Kota – Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu bertindak langsung menjadi Inspektur Upacara Bendera, dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-72, di lapangan Alun-alun Sintuwu Maroso Poso, Kamis 17 Agustus 2017.

Upacara tersebut berlangsung sukses dan hikmad, aman, tertib dan meriah. Ribuan peserta mengikuti upacara terdiri dari, Pasukan TNI, Polri, Satpol PP, Damkar kabupaten Poso, Korpri, PNS dan ASN, PGRI, Organisasi Kemasyarakatan, Organisasi Kepemudaan, Mahasiswa, Pelajar dan Pramuka.

Foto bersama Muspida Kabupaten Poso seusai menerima penghargaan MURI atas pencapaian rekor penempelan stiker 72817 (Foto : Mitha)

Ratusan undangan juga hadir memeriahkan puncak perayaan HUT RI di Poso. Mereka diantaranya, pimpinan Forkompinda, Kapolres Poso AKBP Bogiek Sugiyarto, Dandim 1307/Poso Letkol Infanteri Dody Triyo Hadi, pimpinan dan anggota DPRD kabupaten Poso, Rektor Unsimar Poso, Kisman Lantang, Sekretaris Daerah Joksan Lakukua, para pejabat di lingkungan Pemda Poso, tokoh agama, tokoh pemuda serta tokoh wanita.

Ketua DPRD kabupaten Poso Ellen Ester Pelealu, didaulat membacakan naskah Proklamasi Kemerdekaan RI. Bertindak sebagai komandan upacara adalah Kapten Infanteri Moh Ridho. Sedangkan Pembawa bendera merah putih adalah Setvanie Pricylla Theresya Logugu, siswi SMA N 2 Tentena. Dua petugas pengibar bendera lainnya, adalah Marzuki dari SMA Negeri 3 Poso sebagai pembentang bendera, dan Sikanna dari SMA Negeri 2 Poso Kota Selatan sebagai penarik bendera.

Yang paling menggembirakan sebagai kado istimewa bagi Pemda Poso, dalam rangkaian acara peringatan HUT kemerdekaan RI, Kabupaten Poso berhasil meraih penghargaan dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI), yang dianugerahkan kepada Bupati Poso, Darmin Agustinus Sigilipu, dan diserahkan oleh Manejer Muri Andre Purwandono, atas pencapaian rekor pemasangan stiker merah putih Indonesia di Hatiku, yang memiliki barcode sebanyak 72.817 lembar, yang merupakan simbol 72 tahun kemerdekaan RI, tepat pada bulan yang ke delapan, dan berada ditahun 2017.

[embedyt] https://www.youtube.com/watch?v=AGQDAKFAVEE[/embedyt]

 

Dalam acara tersebut juga, Bupati Darmin selaku pimpinan daerah sekaligus sebagai orang tua, dalam rangka memperingati HUT RI ke-72, menyampaikan pesan kepada masyarakat tana Poso Sintuwu Maroso agar mewaspadai terhadap setiap ideologi atau paham yang bertentangan dengan Pancasila, UUD 1945 dan  NKRI.

Tak hanya itu, tetapi menjadikan Pancasila sebagai ideologi berbangsa dan bernegara. Mempertahankan NKRI sebagai negara yang berdaulat hingga tetes darah yang terakhir. Merawat Kebhinekaan untuk saling menghormati perbedaan sebagai rahmat dan anugerah Tuhan Yang Maha Esa. Dan yang tak kalah pentingnya, adalah menjaga persatuan dan kesatuan, membina persaudaraan dalam suasana yang aman dan tertib, menuju poso CERDAS, ceria, elok, ramah, damai, adil dan sejahtera. (Mitha)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close