CENTRAL CELEBES

Festival Hasil Bumi Terlaksana, Karnaval Jadi Acara Pembuka

Sintuwuraya.com, Tentena – Karnaval Hasil Bumi, menjadi acara pembuka dalam kegiatan Festival Hasil Bumi Poso 2017, yang diselenggarakan Institut Mosintuwu, di Tentena pada Senin 18 hingga Selasa 19 September 2017.  
 
Ada 17 desa di kabupaten Poso yang mengikuti karnaval tersebut dengan membawa hasil bumi dari desa masing-masing, dengan hiasan yang unik dan menarik. Para peserta karnaval berjalan dari taman kota tentena menuju ke lokasi kegiatan. 
Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu saat berdialog dengan pengrajin kulit kayu, yang ikut serta dalam kegiatan Festival Hasil Bumi.
 
Mereka yang terdiri dari petani dan nelayan itu menyerukan agar kembali ke alam dan bersama membangun desa. Berbagai macam sayuran, umbi-umbian, hingga ikan gabus dibawa dalam perjalanan. Sepanjang perjalanan, para peserta menyanyikan lagu-lagu tentang alam dan pertanian. 
 
Nampak tak terlihat rasa lelah selain kemauan agar warga yang menyaksikan karnaval tersebut sepanjang jalan, bersama-sama mempercayai petani dan nelayan sebagai kekuatan bersama membangun perdamaian dan keadilan di Poso.
Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu saat berbelanja hasil bumi dalam kegiatan Festival Hasil Bumi di Tentena.
 
Seluruh hasil karnaval dibagikan secara gratis pada seluruh pengunjung yang mendapatkan kupon berbagi hasil bumi di lokasi kegiatan. Antusiasme warga ditunjukkan dengan mengunjungi lokasi festival di Yosi, Pamona Puselembah hingga malam hari.
 
Kegiatan yang berlangsung pada 18 – 19 September 2017 itu, sempat dihadiri Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu, bersama rombongannya yang merupakan kepala-kepala OPD Poso.
 
Bupati Darmin bahkan berbelanja aneka hasil bumi yang dipasarkan dilokasi kegiatan. Ada yang berupa bahan mentah, juga bahan makanan untuk langsung disantap siang bersama. Tak hanya itu, ia juga membeli suvenir hasil bumi yang dipasarkan. (Mitha)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close