NEWSPHOTOGRAPHY

Bupati Poso Resmi Canangkan Kampung Manggis di Desa Olumokunde

Sintuwuraya.com, Poso – Sebagai upaya dalam mendorong pengembangan produksi holtikultura, khususnya komoditas buah manggis kualitas terbaik di kabupaten Poso, Pemerintah Daerah Kabupaten Poso telah menetapkan kecamatan Pamona Timur sebagai lokasi pengembangan tanaman buah manggis.

 
Program pengembangan dari segi pertanian yang merujuk pada rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) Kabupaten Poso tahun 2016-2021, menunjuk desa  Olumokunde, satu dari 13 desa yang ada di kecamatan Pamona Timur, sebagai salah satu model pembangunan kawasan sentra pertanian yang berbasis agribisnis.
 
Oleh karena itu, Pemda Poso yang diprakarsai Dinas Pertanian Kabupaten Poso telah melaksanakan pencanangan kampung manggis, pada Jumat 29 September 2017. 
Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu didampingi Kadis Pertanian Ir Heningsih EG Tampai MSi, saat melakukan penanaman pohon manggis. (foto: Mitha)
 
Selain RPJMD Poso yang menjadi dasar kegiatan,  pencanangan kampung manggis juga didasari pada dokumen pelaksanaan anggaran Dinas Pertanian Kabupaten Poso tahun anggaran 2017, serta hasil kajian akademis kampung manggis kabupaten Poso, yang dilakukan oleh Universitas Sintuwu Maroso Poso.
 
Menurut Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Poso, Ir Heningsih EG Tampai MSi, penetapan desa Olumokunde sebagai pusat pengembangan agribisnis manggis atau kampung manggis, didasari bahwa kawasan tersebut sesuai dengan kondisi agroklimat dan potensi wilayah yang sangat mendukung bagi pengembangan tanaman tersebut di kabupaten Poso.
 
Dalam pencanangan kampung manggis di desa Olumokunde, Dinas pertanian menyiapkan 400 bibit tanaman manggis yang siap ditanami diatas lahan milik desa, seluas dua hektar dari tujuh hektar lahan yang disiapkan desa Olumokunde.
 
“Dua program kami tahun ini telah terlaksana, yaitu pencanangan kampung durian dan pencanangan kampung manggis. Semoga semua ini memberikan hasil yang baik dan menggembirakan bagi kabupaten Poso dan masyarakat setempat,” ujar Heningsih usai acara tanam perdana.
 
Menurutnya, Dinas Pertanian Kabupaten Poso masih akan memprogramkan pengembangan tanaman buah di Poso. Kedepan kami juga akan memprogramkan kampung Langsat di desa Sepe dan Silanca. Mohon dukungan dan doanya,” tambah Heningsih.
Kapolres Poso AKBP Bogiek Sugiyarto, SIk saat melakukan penanaman pohon manggis. (foto: Mitha)
Untuk suksesnya pencapaian program tersebut, ia juga menyatakan akan memprogramkan pelatihan bagi kelompok masyarakat untuk menjadi penangkar bibit, sehingga masyarakat di desa Olumokunde dan desa-desa lainnya di kecamatan Pamona Timur, tidak hanya menjadi kawasan penghasil buah manggis, tetapi juga sebagai penghasil bibit manggis unggul lokal dan olahan buah manggis di kabupaten Poso.
 
“Selain itu, kami akan memprogramkan jalan usaha tani dan pembangunan saung tani, sehingga kawasan ini akan menjadi tempat yang mendukung sektor pariwisata di kabupaten Poso,” aku Heningsih.
 
Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu, dalam sambutannya menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada jajaran Dinas Pertanian Kabupaten Poso, bersama dinas terkait lainnya yang telah mengupayakan pencanangan kampung manggis sebagai langkah strategis Pemda Poso, memberdayakan petani buah-buahan khususnya buah manggis dengan mengacu pada prinsip goog agricultural practices (GAP) atau budi daya tanaman yang baik dan benar.
 
“Saya berharap ini bukan hanya sekedar menjadi kegiatan seremonial semata, tetapi harus berhasil dan terus di kawal pengembangannya. Semoga Tuhan yang Maha Kuasa memberkati rencana baik kita ini, demi masa depan Poso yang lebih baik,” tandas Bupati Darmin.
 
Kepala Desa Olumokunde, Undian Berkat Patowo, mengaku berterima atas ditetapkannya wilayah tersebut sebagai lokasi pencanangan kampung manggis, termasuk semua pihak yang mendukung, seperti PT SJA 2.
 
“Kami berterima kasih karena desa kami ditunjuk sebagai titik lokasi pencanangan kampung manggis. Luasan lahan masih sangat memungkinkan dijadikan pengembangan kampung manggis. Kami juga sangat berterima kasih kepada bapak Bupati dan ibu Kadis Pertanian, serta semua pihak yang mendukung, dalam hal ini PT SJA 2 yang turut memberi dukungan kepada kami,” tutur Berkat Patowo.
Dandim 1307/Poso Letkol Inf Dody Triyo Hadi SSos bersama Bupati Poso, Kapolres Poso, Kadis Pertanian Kabupaten Poso, usai melakukan penanaman pohon manggis.
 
Menandai kegiatan pencanangan kampung manggis, Bupati Darmin, bersama Kapolres Poso AKBP Bogiek Sugiyarto, SIk, Dandim 1307/Poso Letkol Inf Dody TRiyo Hadi, dan tamu undangan lainnya melakukan penanaman pohon manggis dilokasi kampung manggis Olumokunde. (Mitha)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close