POLITIC

325 Kader Partai Golkar Datangi Kantor KPU Poso

Sintuwuraya.com, Poso Kota: Pendaftaran partai politik peserta Pemilu 2019, yang dimulai sejak 2 Oktober 2017 lalu, akan berakhir hari ini, Senin 16 Oktober 2017 pada pukul 24.00 Wita. Tercatat sebanyak 13 parpol telah mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Poso, hingga sore hari pukul 18.00 Wita.
 
Hari ini menjadi hari terakhir sebagai mana ketentuan yang harus dipenuhi oleh seluruh parpol yang berharap terdaftar sebagai peserta pemilu 2019 mendatang, berdasarkan ketetapan PKPU Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilihan Umum.
 
Sebagai hari terakhir, ada beberapa parpol di Poso yang mendatangi kantor KPU Kabupaten Poso, dengan maksud mengantarkan berkas ke KPU untuk di verifikasi. Partai Golkar menjadi partai kesebelas yang mendatangi kantor KPU Poso, untuk mengantarkan berkas sebagaimana yang disyaratkan.
 
Pengurus DPD Partai Golkar datang ke kantor KPU Poso beserta ormas sayapnya, yakni Sentral Organisasi Karyawan Swadiri Indonesia (SOKSI), Kesatuan Organisasi Serbaguna Gotong Royong (Kosgoro), dan Musyawarah Kekeluargaan Gotong Royong (MKGR).
 
Tak hanya itu, turut pula ormas yang didirikan Partai Golkar seperti Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI), Angkatan Muda Partai Golkar (AMPG), Kesatuan Perempuan Partai Golkar (KPPG), dan Poros Muda Golkar (PMG).

 

Suasana sebelum penyerahan berkas Partai Golkar di kantor KPU Kabupaten Poso. (foto: Mitha)

Mereka berjumlah 325 orang, yang dipimpin ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Poso, Darmin Agustinus Sigilipu. Mereka mendatangi kantor KPU Kabupaten Poso dengan berjalan kaki dari sekretariat DPD Golkar, berjarak sekitar satu kilometer. Kader Partai Golkar yang datang tersebut menjadi jumlah terbanyak dalam proses penyerahan berkas di KPU Poso.

“Dengan ini kami akan menyerahkan daftar anggota partai politik Golkar Kabupaten Poso, yang dituangkan dalam formulir lampiran dua model F2 parpol, beserta salinan bukti kartu tanda anggota partai politik Golkar, dan kartu tanda penduduk elektronik sejumlah 2.637 orang yang dibuat dalam bentuk soft copy melalui sipol dan hard copy,” ujar Darmin Sigilipu, sebelum penyerahan berkas dilakukan.
 
Ia menutup penyampaiannya dengan rangkaian kalimat, “demikian yang bisa kami sampaikan pada kesempatan ini, dan apabila ada hal-hal nantinya yang akan di verifikasi, kami juga mohon saran, mohon koreksi dari bapak Ketua KPU, Bawaslu, sehingga nantinya kekurangan yang ada dari Partai Golkar mampu kami perbaiki ke depan,” tambahnya.

 

Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Poso, Darmin Agustinus Sigilipu saat menandatangani tanda terima berkas. (foto: Mitha)

Sebelum Partai Golkar, sepuluh partai yang sebelumnya telah mendatangi kantor KPU Kabupaten Poso untuk melakukan hal yang sama, adalah PAN, Partai Perindo, Partai Berkarya, Partai Nasdem, PDIP, PKS, PSI, Partai Garuda, Partai Gerindra, dan Partai Hanura.

Sedangkan tiga partai yang telah melakukan konfirmasi dengan pihak KPU Kabupaten Poso, dan datang mengantarkan berkas verifikasi setelah Partai Golkar  adalah PPP, Partai Demokrat, dan PKB.
 
Ketua KPU Kabupaten Poso, Taufik Hidayat menyatakan pihak KPU Poso tetap menunggu sesuai waktu yang ditentukan. “Sampai pukul 18.00 sore tadi, baru 13 parpol yang menyerahkan dokumen lengkap dan sudah diberikan tanda terima. Ini merupakan hari terakhir. Kami akan tunggu sampai batas waktunya. Jika masih ada parpol yang menyerahkan lewat batas waktunya, maka akan kami tolak,” tandasnya Senin malam. (Mitha)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close