NEWS

Upacara Sumpah Pemuda, Bendera Merah Putih Terbalik Dikibarkan

Sintuwuraya.com, Banggai: Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke 89 tahun, ditandai dengan upacara pengibaran bendera merah putih. Sayangnya, sebuah peristiwa tidak diinginkan terjadi dalam pengibaran bendera di ujung wilayah Sulawesi Tengah,  tepatnya di desa Kampangar, kecamatan Balantak Utara, kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah. Bendera merah putih terbalik saat dikibarkan.

Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola hadir dan bertindak menjadi inspektur upacara, dalam peringatan Hari Sumpah Pemuda ke 89, yang digelar Sabtu pagi (28/10/2017) di Balantak Utara, kecamatan terujung yang berada di kabupaten Banggai, salah satu kabupaten di Sulawesi Tengah.

Semula upacara berjalan lancer. Gubernur Longki tiba di lapangan upacara dan disambut Bupati Banggai, Herwin Yatim. Namun, saat bendera merah putih dikibarkan, sebuah insiden terjadi. Saat petugas pengibar bendera membentangkan bendera tersebut, posisi bendera terbalik.

Tidak hanya terbalik dengan posisi putih merah, tali yang dipegang petugas pengibar bendera juga sempat terlepas dan mengayun-ayun, hingga diambil oleh salah seorang peserta upacara dan diberikan kembali kepada petugas pengibar bendera.

Situasi tersebut terjadi beberapa menit hingga posisi bendera dapat diperbaiki, dan dilanjutkan pengibarannya. Sayangnya, meskipun bendera berhasil naik dan sempat berkibar, namun pada saat mencapai ujung tiang, bendera tidak dapat berkibar lagi karena terlilit tali bendera.

Tetapi hal tersebut tidak mempengaruhi jalannya upacara bendera. Upacara tetap dilanjutkan hingga selesai. Di depan peserta upacara, Gubernur Sulteng Longki Djanggola membacakan sambutan  Menteri Pemuda dan Olah Raga Imam Nahrawi.

Upacara sumpah pemuda yang merupakan bentuk dari Apel Pemuda Nusantara Bersatu se Sulawesi Tengah itu juga mengumandangkan ikrar pemuda, yang dibacakan oleh salah seorang anggota Komite Nasional Pemuda Indonesia Sulawesi Tengah. (Mitha)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close