NEWS

Bupati Poso Jadi Juara Pertama Penanaman Satu Miliar Pohon

Sintuwuraya.com, Poso Kota: Upaya nyata yang dilakukan Bupati Poso, Darmin Agustinus Sigilipu dalam mewujudkan pelestarian lingkungan hidup, khususnya melalui gerakan penanaman pohon, membuahkan hasil yang manis.
 
Dalam sebuah even yang dilaksanakan Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah, Bupati Poso berhasil menjadi juara pertama sebagai pemenang lomba penghijauan, dari 13 kabupatan dan kota yang ada di Sulteng. Hal tersebut merupakan bentuk dukungan terhadap program pemerintah pusat, yang digalakkan melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI.
 
Bupati Poso Darmin Agustinus sigilipu, usai melakukan penanaman pohon manggis dalam acara pencanangan kampung manggis di desa Olumukunde, Pamona Timur, beberapa waktu lalu. (foto: Mitha)
 
Berdasarkan Keputusan Gubernur Sulteng Nomor: 522.4/558/DIS.HUT-6-ST/2017, Tentang pemenang lomba penanaman satu milyar pohon tahun 2016 Tingkat Provinsi Sulawesi Tengah, yang ditetapkan di Palu pada tanggal 21 November 2017, Bupati Poso Darmin Sigilipu dinyatakan sebagai juara pertama. Disusul Bupati Sigi, Muhammad Irwan Lapata sebagai juara kedua, dan Bupati Banggai Herwin Yatim sebagai juara ketiga.
 
Mereka bertiga dinilai punya gerakan dan mewujudkan bentuk nyata atas dukungan terhadap program pemerintah, untuk terlibat aktif melakukan penanaman pohon di daerah masing-masing. 
 
Menyikapi hal tersebut, Bupati Darmin mengimbau kepada seluruh instansi pemerintah dan swasta, serta seluruh masyarakat kabupaten Poso, dibawah koordinasi Dinas Lingkungan Hidup, agar senantiasa mendukung program tersebut melalui gerakan tanam yang telah dilakukan  Pemda selama ini, dalam gerakan tanam sejuta pohon khususnya pohon ebony. 
Surat Keputusan Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola (foto : Istimewa)

 

Penegasan itu disampaikan Bupati Darmin ketika memimpin apel bersama di halaman Kantor Bupati Poso, Senin 27 November 2017, yang dilanjutkan dengan gladi kotor persiapan upacara puncak HUT Korpri ke 46 pada Rabu 29 November 2017 nanti.
 
Menurut Bupati Darmin, prestasi itu merupakan bukti kerja keras yang dilakukan selama ini. “Prestasi ini merupakan bukti kerja kami bersama pemerintah dan seluruh masyarakat tana Poso, dalam mewujudkan Poso Cerdas, Poso yang lebih baik,” ujarnya. 
 
Dalam kesempatan tersebut, Bupati Darmin juga mengingatkan pentingnya untuk terus melakukan penegakan disiplin bagi seluruh aparatur pemerintah tanpa kecuali, demi untuk menghasilikan karya yang terbaik.
 
Ketiga bupati yang telah menjadi juara itu, selanjutnya menjadi Perwakilan Daerah Provinsi Sulawesi Tengah,  untuk dinilai oleh tim penilai tingkat nasional, dalam lomba yang sama untuk tingkat nasional, yang diikuti oleh seluruh provinsi di Indonesia. (Mitha)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close