NEWS

Bupati Poso Pimpin Langsung Koordinasi Pengendalian HIV/AIDS

Sintuwuraya.com, Poso Kota: Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu membuka secara resmi pertemuan koordinasi kegiatan pengendalian HIV/AIDS dan PIMS bersama Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Sulawesi Tengah.
 
Kegiatan yang diselenggarakan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten  Poso tersebut, berlangsung di  Aula Pogombo kantor Bupati Poso, Selasa 28 November 2017, yang dihadiri oleh kepala-kepala OPD Poso. 
 
Selain itu nampak pula perwakilan Kodim 1307/Poso, Kepala Rutan Klas II B Poso Gamal Bardi, dan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Poso, Indah Sri Setiyowati Samsuri, serta Kepala BNN Kabupaten Poso Max Tungka sebagai salah satu pembicara.
 
Dalam sambutannya, Bupati Darmin menyampaikan rasa terimakasih kepada panitia yang telah melaksanakan kegiatan tersebut di kabupaten Poso. Sebab pantauan terhadap kasus HIV/AIDS di Indonesia, khususnya di kabupaten Poso cenderung meningkat belakangan ini.
 
Menurut Bupati Darmin, penilaian HIV/AIDS mempunyai implikasi luas terhadap pembangunan kesehatan, politik,  ekonomi sosial budaya, etika, agama dan hukum. Sehingga perlu dilakukan langkah langkah strategis sebagai upaya pengendalian serta dukungan dan penghargaan atas hak hak pribadi pengidap HIV bersama dengan keluargannya.
 
Karena itu ditetapkannya Komisi Penanggulangan Penyakit HIV/AIDS di kabupaten Poso menjadi penting, sehingga terjalin koordinasi dan integrasi program. 
 
Bupati Darmin mengaku sangat menyayangkan, Infeksi HIV/AIDS di Poso cenderung meningkat pada dua tahun terakhir, berkaitan dengan bertambah banyaknya hubungan seksual yang tidak terlindungi. 
 
Dari data yang ada, ditemukan sebanyak 15 Kasus HIV dan 12 kasus AIDS pada tahun 2016. Sedangkan pada tahun 2017, ditemukan sebanyak 17 Kasus HIV, dan 16 kasus AIDS. Dari jumla itu, terdapat 26 persen kasus kematian. Sementara masih banyak yang belum terlaporkan dengan kelompok beresiko tinggi.
 
Bupati Darmin berharap melalui pertemuan tersebut, ada upaya-upaya yang dilakukan untuk menjaga dan menanggulangi berbagai penyakit yang dimaksud secara terpadu, terkoordinasi, dan berkesinambungan dibawah koordinasi KPA Kabupaten Poso. 
 
Usai acara pembukaan berlangsung, kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan dan tanya jawab dari peserta kepada para pembicara, yakni Sekretaris KPA Sulteng Muslimah Gadi dan Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Poso Enoria Latulola, bersama Kepala BNNK Poso Max Tungka. (Mitha) 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close