CENTRAL CELEBESHEADLNE NEWS

Bupati Poso Ajak Warganya dan ASN Berikan Yang Terbaik Untuk Indonesia

SINTUWURAYA, POSO – Dalam memperingati Hari Lahir Pancasila Tahun 2019, Bupati Poso Kolonel Marinir (Purn) Darmin Agustinus Sigilipu, mengajak seluruh aparatur sipil negara (ASN) untuk melakukan hal terbaik bagi Indonesia, dan Kabupaten Poso khususnya.

Menurutnya, peringatan Hari Lahir Pancasila merupakan bentuk kesetiaan, sekaligus bukti kecintaan para aparatur terhadap Pancasila sebagai dasar negara. Penyampaian itu disampaikan Bupati Darmin dalam upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila yang digelar dihalaman Kantor Bupati Poso, Sabtu 1 Juni 2019.

Upacara tersebut dihadiri anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD), Pimpinan BUMN/BUMD, Pimpinan OPD, para se kecamatan Poso Kota Bersaudara dan tokoh-tokoh masyarakat setempat. Bupati Poso bertindak sebagai Inspektur upacara.

Agenda upacara juga dirangkaikan dengan penyerahan Piagam Penghargaan dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI, atas prestasi Kabupaten Poso meraih peringkat I pelaksanaan Standar Nasional Pendidikan (SNP), Tingkat SD dan Tingkat SMP se-Provinsi Sulawesi Tengah Tahun 2018.

Menurut Kepala Dinas Pendidikan & Kebudayaan, Victor Tumonggi, standar nasional pendidikan merupakan kriteria minimal tentang sistem pendidikan di seluruh wilayah hukum NKRI, yang diantaranya terdiri dari standar kompetensi lulusan, isi, proses, pendidikan dan tenaga kependidikan.

Victor juga menyampaikan bahwa SNP tersebut berfungsi sebagai dasar dalam perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan pendidikan dalam rangka mewujudkan pendidikan nasional yang bermutu, serta bertujuan untuk menjamin mutu pendidikan nasional, dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat.

Dalam sambutannya, Bupati Darmin mengatakan bahwa Pemerintah Darmin-Samsuri dalam mewujudkan visi misinya, menjalankan amanah yang diemban, berupaya untuk menyempurnakan penyelenggaraan pendidikan di Kabupaten Poso secara terencana, terarah, dan berkelanjutan sesuai dengan tuntutan perubahan kehidupan lokal, nasional, dan global.

Hal ini telah dibuktikan juga dengan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Kabupaten Poso mengalami peningkatan dalam tiga tahun belakangan, sebesar 68,13 ; 68,83 ; dan 69,78 serta merupakan peringkat ke-3 dari 13 kabupaten/kota se-Sulawesi Tengah.

Selain penyerahan piagam penghargaan, upacara Hari Kesaktian Pancasila juga dirangkaian dengan penyerahan LHP BPK RI Perwakilan Sulteng, atas LKPD TA 2018 dengan Opini wajar tanpa pengecualian (WTP), dari Bupati Poso kepada Kepala Badan Pengelola Keuangan & Aset Daerah Kabupaten Poso, Sukimin.

Hal tersebut merupakan target yang telah tercapai. Sebab tahun sebelumnya, Kabupaten Poso hanya mampu memperoleh predikat wajar dengan pengecualian (WDP), yang di peroleh dari tahun ke tahun sejak tahun 2013 silam, sebelum pemerintahan Darmin-Samsuri berlangsung.

“Kami tidak main-main dalam menjalankan roda pemerintahan yang tengah kami emban saat ini. Saya bersama Wabup Samsuri akan terus bekerja dan bekerja. Pemerintahan yang tengah kami pimpin saat ini akan terus kami genjot khususnya bagi setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah, agar terus memberikan hal-hal yang baik demi perubahan Poso yang lebih baik,” tegas Bupati Darmin.

Penulis : Mitha

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close