BUSINESS ECONOMICSCENTRAL CELEBESHEADLNE NEWS

Produk Lokal Sulteng Dipasarkan Dalam GPPD Expo 2019 Surabaya

SINTUWURAYA, PALU – Kementerian Perindustrian RI menyelenggarakan pameran multi produk unggulan dari berbagai daerah di Indonesia, di Mall City of Tomorrow (Cito) Surabaya, Jawa Timur. Kegiatan tersebut dilaksanakan melalui PT Aira Mitra Media sebagai organizer, dengan tajuk gebyar pasar produk daerah (GPPD) Expo 2019 dan misi dagang nasional ke-10.

Pelaksanaan GPPD Expo 2019 kali ini, digelar bersamaan dengan Surabaya Tourism, craft and investment Expo 2019 yang ke-2, pameran agribisnis dan pangan inovatif 2019 yang ke-5, serta Indonesia Marine and Fisheries Expo 2019 ke-6 tahun.

Pameran yang diikuti para pengusaha dari berbagai daerah di Indonesia ini, menghadirkan produk unggulan masing-masing. Kopi Poso sebagai produk lokal khas dari Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah, juga turut serta dalam kegiatan pameran tersebut.

Selain Kopi Poso, juga ada Olahan Sidat Poso, yang hadir memperkenalkan produk khas daerah UKM, yang difasilitasi Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sulawesi Tengah.

Menurut Kepala Dinas Perindag Sulteng, Arif Latjuba, produk unggulan yang dipamerkan dalam kegiatan GPPD Expo 2019 di Surabaya, tidak hanya berasal dari Poso. Selain Kopi Poso dan Olahan Sidat Poso, juga ada abon ikan asal Kota Palu, dan kain tenun dari Kabupaten Donggala, juga mereka fasilitasi dalam kegiatan tersebut.

“Kami menyediakan stand sebagai sarana pameran di lokasi expo. Memberikan fasilitas transportasi, akomodasi, termasuk uang saku kepada mereka. Dengan keikutsertaan dalam kegiatan tersebut, kami berharap pelaku usaha dari Sulteng dapat mmpromosikan produk unggulan daerah, dan bisa mendapatkn jaringan secara nasional bahkan internasional.”katanya

Rizal Musafir mewakili Kopi Poso mengaku sangat berbahagia produk lokal dari Poso, dapat ikut serta diajang pameran tersebut. “Kami berharap kopi Poso bisa diminati, dan dengan kegiatan ini semoga kopi Poso menjadi produk yang memiliki lebih banyak penikmatnya,” ujar Rizal.

Demikian juga dengan Rachman, pemilik usaha Olahan Sidat Poso. Melalui akun Facebooknya Rachman Poso, ia menyampaikan terima kasih atas dukungan Dinas Perindag Provinsi Sulteng dan Pemda Kabupaten Poso, khususnya dinas terkait yang bersinergi dengan baik.

Dinas yang dimaksudnya adalah Dinas Perindag dan UKM, Dinas Penanaman Modal, Dinas Pertanian, dan Dinas Pariwisata Kabupaten Poso. Termasuk kepada Asisten I dan II Sekdakab Poso, serta Plt Dinas Pemuda dan Olah Raga M Djamal.

Kegiatan GPPD Expo 2019 dibuka secara resmi oleh Kemenperin RI pada Kamis (4/7), dan rencananya akan berlangsung hingga tiga hari mendatang. Sesuai jadwal kegiatan, pameran multi produk akan di tutup pada Minggu (7/7) lusa. (Mita)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close