CENTRAL CELEBESHEADLNE NEWSNEWS

Dewan Pers Gelar Workshop Peliputan Pasca Pemilu di Palu

SINTUWURAYA, PALU – Anggota Dewan Pers periode 2019-2022, Ahmad Djauhar dari unsur pimpinan perusahaan menyebutkan ada 47 Ribu media publikasi terdapat di seluruh Indonesia. 43.500 diantaranya merupakan media online, yang tercatat hingga akhir 2018.

Penyampaian itu diungkapkan Ahmad Djauhar sebagai Ketua Komisi Penelitian, Pendataan dan Ratifikasi, dalam Workshop Peliputan Pasca Pemilihan Legislatif dan Pemilihan Presiden Tahun 2019, yang diselenggarakan Dewan Pers di Hotel Santika Palu, Senin 17 April 2019.

Workshop tersebut di gelar dalam rangka meningkatkan kualitas peliputan media cetak dan media elektronik pasca pemilu 2019, untuk Wartawan Media Cetak, Elektronik dan Siber.

Menurut Ahmad, berdasarkan data Dewan Pers hingga petengahan Juni 2019, dari puluhan ribu media yang ada, baru sebanyak 3.470 perusahaan pers yang terverifikasi secara lengkap. 364 diantaranya baru terverifikasi secara faktual, sedangkan 1.177 lainnya terverifikasi secara administratif.

Menurut Dewan Pers, hasil Pemilu Legislatif serta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden tahun 2019, yang dilaksanakan pada 17 April 2019, perlu ditindaklanjuti melalui dukungan setiap elemen bangsa sesuai dengan proporsi dan kewenangannya masing-masing. Hasil pemilu yang telah ditetapkan KPU, merupakan kemenangan bagi segenap rakyat Indonesia.

Pemberitaan pasca pemilu oleh pers akan sangat membantu dalam melihat parameter tingkat kesuksesan pelaksanaan pemilu. Meski demikian, cara pers dalam menjalankan tugas dan perannya harus senantiasa berpegang teguh pada prinsip-prinsip Kode Etik Jurnalistik, sehingga hasil kerja pers menjadi bagian yang tidak
dapat dipisahkan dalam upaya mendorong kehidupan berdemokrasi yang lebih baik, dan membawa kemakmuran dan kesejahteraan bagi seluruh bagian Bangsa Indonesia.

Acara yang berlangsung sehari itu, juga menghadirkan Ketua Dewan Pers Mohammad Nuh, sebagai narasumber dengan topik materi Membangun Ekosistem Demokrasi. Tak hanya itu, paparan narasumber yang di moderatori Rahmad Bakri, Dosen Fakultas Hukum Universitas Tadulako itu, juga menghadirkan Muhammad Basir Ciyo pada sesi II, dengan topik pembahasan bertemakan Dinamika dan Harapan pada Pers di Daerah untuk mengawal hasil Pemilu 2019.

Penulis : Mitha Meinansi

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close